Cara Cek Hp Xiaomi Garansi Resmi atau Distributor
Gambar: Cara Cek Hp Xiaomi Garansi Resmi atau Distributor

Cara Cek Hp Xiaomi Garansi Resmi atau Distributor 2019

Posted on

Istimiwir.com – Cara cek hp Xiaomi garansi resmi atau tidak, ini sengaja saya bagikan terkait dengan adanya berita yang membahas ponsel jenis blackmarket (BM) akan diblokir oleh pemerintah pada bulan 19 Agustus 2019. Pada umumnya pemerintah nanti akan membabat habis jenis ponsel BM lewat pemblokiran nomor identitas asli ponsel anda melalui IMEI.

Namun, anda tidak perlu khawatir jika ponsel yang dibeli mempunyai garansi resmi TAM atau Distributor saat ini, karena pihak pemerintah akan menetapkan peraturan tersebut pada bulan depan. Sehingga jika anda membeli ponsel sebelum tanggal tersebut aman dari kata pemblokiran, namun jika sebaliknya anda membeli ponsel sesudah tanggal 17 agustus 2019, mungkin saja akan kena blokir pemerintah secara tidak pandang bulu jenis ponsel apa yang anda beli melalui Toko Online, Pasar BlackMarket dll jika berlabel garansi distributor.

Baca Juga:
1. Cara Mudah Menghilangkan Iklan Di Ponsel Xiaomi
2. Game Turbo Xiaomi No Root APK v1.1.5 Juli 2019 Terbaru

Loading…

Peredaran jenis ponsel ilegal di Indonesia semakin marak dan itu membuat pelaku pemain ponsel resmi maupun pemerintah menjadi masalah. Menurut data dari pihak APSI ( Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia) yang dijelaskan pada situs kataid.co.id, menyebutkan 20% ponsel yang tersebar di Indonesia adalah smartphone ponsel ilegal.




APSI juga mengungkapkan sekitar 50 juta jenis ponsel yang terjual setiap tahun di Indonesia, sekitar 10 juta ponsel dari 20% status ilegal. Maka, tak heran dampaknya sangat merugikan bagi industri ponsel tersebut hingga trilliun rupiah dan itu juga belum termasuk biaya pajak yang merugikan negara karena tidak ada Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sekitar 10% yang ditetapkan.

Bagaimana Cara Cek Hp Xiaomi Garansi Resmi atau Tidak ??

  • Sebenarnya cara ini juga bisa anda ketahui saat membeli ponsel, terlihat di menu pengaturan tentang ponsel, dan jenis warna dusbok pembelian ponsel
  • Pergi ke menu panggilan dan ketikkan saja kode untuk memunculkan IMEI ponsel anda sendiri atau lihat di belakang kemasan ponsel anda untuk melihat IMEI
  • Di ponsel Iphone cek di belakang bagian body, atau kemasan ponsel saat anda membeli
  • Kode: *#06#
  • Tahan nomor IMEI tersebut, otomatis akan tersalin. Pilih salah satu saja jika anda menggunakan ponsel dual sim
  • Selanjutnya anda pergi ke halaman http://buy.mi.com/id/registration atau http://www.kemenperin.go.id/imei/
  • Masukkan nomor IMEI pada kolom yanh di sediakan dan tap langkah selanjutnya

Dengan cara diatas anda akan melihat dimana ponsel anda pertama kali di beli, jika garansi ponsel anda resmi anda akan mendapatkan garansi tambahan untuk waktu kedepan jika ponsel yang anda gunakan mengalami kerusakan. Namun, sebaliknya jika tidak mendapatkan garansi tambahan itu tidak masalah karena ponsel anda mempunyai garansi Distributor, anda bisa menghubungi customer service center di kota terdekat seperti yang ada pada gambar.




Lihat Gambar:

Gambar ini menjelaskan bahwa ponsel Xiaomi Note 5 mendapatkan garansi tambahan (Resmi) TAM
Cara Cek Hp Xiaomi Garansi Resmi
Gambar ini menjelaskan bahwa ponsel Xiaomi Note 5 tidak mendapatkan garansi tambahan (Distributor)

Ciri-ciri Ponsel Jenis BlackMarket, antara lain:

1. Barang seludupan import dan tidak ada izin resmi dari pemerintah setempat, tidak ada pembayaran pajak dan tidak ada garansi resmi dari produsen ponsel setiap kota yang ada di Indonesia.

2. Ponsel jenis BM yang berseliweran yang tidak masuk ke Indonesia atau tidak di jual di pasaran Indonesia. Pengguna biasanya membeli ponsel dari luar negeri dan dibawa ke Indonesia

3. Membeli ponsel melalui Toko Online dengan harga yang murah. (setiap orang rejekinya berbeda-beda, sehingga ponsel itu dibeli)

4. Ciri lain dari ponsel BM adalah tidak mempunyai kode IMEI yang resmi

Baca Juga:
1. Xiaomi Black Shark Helo Meluncur dengan RAM 10 GB
2. MIUI-ify Notification Shade Premium v1.1.2 APK

Cek IMEI Ponsel
Gambar: Cek IMEI Ponsel




Apa Itu IMEI ??

IMEI International Mobile Equipment Identity adalah kode pelacakan unik yang memiliki jumlah sekitar 15 angka atau 16. IMEI ibarat identitas ponsel yang menyimpan data-data penting pengguna dan perlu anda ketahui setiap jenis ponsel memiliki IMEI yang berbeda-beda dan setiap operator akan mengeidentifikasi ponsel yang terdaftar di jaringan melalui IMEI tersebut. Wajib anda rahasiakan, karena IMEI tersebut sangat penting!.

Mulai tanggal 17 agustus 2019 nanti pemerintah tidak akan pandang bulu untuk memblokir jenis ponsel blackMarket. Kebijakan tersebut seiring dengan rencana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) meneken 3 aturan pemblokiran ponsel lewat IMEI.

Cara Lain Cek HP Xiaomi Dan Lain-Lain Melalui Situs Kemenperin

  • Pastikan anda sudah mencopy IMEI ponsel anda sendiri. Selanjutnya pergi ke halaman website http://www.kemenperin.go.id/imei/. Jika ponsel anda terdaftar, maka akan muncul beberapa keterangan ponsel seperti nomor IMEI, perusahaan, merk dan model ponsel.
  • Sayangnya, untuk saat ini situs tersebut belum sepenuhnya bisa digunakan karena pihak Kemenperin masih menyiapkan lamaan khusus untuk pegecekan IMEI tersebut.

Beli Ponsel di Distributor Resmi Apa akan di Blokir??

Sebelum tanggal ditetapkan peraturan pemblokiran yakni 17 Agustus 2019, anda yang menggunakan jenis ponsel garansi distributor akan aman dan tidak akan di blokir. Namun, jika anda membeli selepas tanggal tersebut melalui toko online yang menawarkan harga jauh lebih murah, luar negeri, tidak dipasarkan di Indonesia dan menggunakan garansi tidak resmi, kemungkinan besar ponsel akan diblokir.

Solusinya anda bisa menggunakan ponsel tersebut menggunakan jaringan wifi/modem, tetapi saya tidak yakin karena berita ini masih simpang siul. Jadi, lebih baik beli di garansi resmi atau distributor resmi bukan abal-abal.

Demikian untuk pembahasan mengenai cara cek ponsel xiaomi garansi resmi atau distributor tahun 2019 ini cukup sampai disini, jika anda membutuhkan pertanyaan yang lain atau mempunyai keluhan yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan komentar anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semuanya, jangan lupa share ke teman-temanmu yang belum mengetahuinya. Selamat Mencoba!!

Loading...

Tinggalkan Komentar