Menghemat baterai di Android
Penggunaan Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Istimiwir.com – Cara Menghemat baterai Android memang hal yang sulit untuk dilakukan. Ditambah penggunaan daya tahan ponsel yang besar dan kapasitas baterai🔋 juga berpengaruh dalam kinerja ponsel Anda. Banyak sekali developer aplikasi mengembangkan aplikasi yang iming-iming untuk menghemat baterai untuk Android. Namun alat seperti itu tidak semua bisa berjalan dengan maksimal dengan apa yang kita harapkan, terkadang aplikasi tersebut justru akan membebani ponsel di saat kita gunakan secara aktif setiap harinya.

Penggunaan aplikasi untuk baterai tentu saja tergolong besar dan ditambah jika ponsel masih menggunakan RAM (-) 1GB itu juga jika belum ditambah aplikasi system dan aplikasi lain. Aplikasi yang digunakan seperti Facebook, Messenger dan Instagram aplikasi tersebut membutuhkan koneksi data yang terus-menerus mengirim dan menerima data dari ponsel Anda yang akan berdampak pada baterai. Saran saja jika sudah tidak digunakan matikan saja koneksi data atau wifi.

Baca Juga:

  1. Mengenal Jenis Jaringan Seluler dan Kecepatan Internet di Indonesia
  2. Hibernator Pro v2.7.2 APK Save Battery Life

Dari gambar diatas adalah data penggunaan baterai sudah saya coba menggunakan kapasitas baterai 3300 mAh dengan 28 aplikasi yang tertanam. Namun, jika ponsel Anda sudah dalam akses #root bisa mencoba dengan cara menon-aktifkan aplikasi system (bawaan) atau aplikasi yang jarang digunakan.

Aplikasi Greenify contohnya yang dapat menghibernasi semua penggunaan aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel Android, tidak semua ponsel kompatibel dengan cara tersebut jika belum dalam keadaan root, meskipun metode tanpa root bisa digunakan. Perhatikan juga penggunaan cache/data yang menumpuk di aplikasi secara berlebihan.

Disini saya akan memberikan bagaimana cara menghemat baterai Android yang jarang dilakukan sebagian orang, silahkan simak tutorialnya dibawah ini.

cara menghemat baterai android
Penggunaan Baterai Android



Langkah – Langkah Cara Menghemat Baterai Android Tanpa Aplikasi Tambahan

  1. Tetapkan waktu tidur Android Anda dengan mengatur ke 15 detik atau 30 detik dengan begitu penggunaan cahaya akan berkurang. Bisa juga dengan bantuan alat optimasi yang memungkinkan dan matikan koneksi Data dan Wi-Fi saat tidak digunakan jika baterai ingin awet sepanjang hari kemudian menempatkan CPU ponsel Anda agar tetap dingin yang di induksi akan menghemat daya.
  2. Jika ponsel Anda tidak mendukung aktivitas terjadwal gunakan saran saya menggunakan aplikasi Greenify Pro atau Tasker matikan semua aplikasi yang tidak penting sepanjang malam atau bisa mengaktifkan mode terbang agar jaringan tidak terlalu menguras secara diam – diam pada ponsel dan jangan lupa selalu untuk menonaktifkan fitur getar pada ponsel.
  3. Seperti yang saya katakan diatas matikan Wifi jika sudah tidak digunakan kembali jika ponsel Anda terus mengendus dan mencoba untuk terus menyambung ke setiap sinyal WiFi yang ada dan akan terasa sia – sia membuang daya. Sebuah tombol / layar home akan mempermudah, anggap sesuatu yang membosankan tapi penting yang harus dilakukan.





  4. Selanjutnya, upload dan sinkron hanya menggunakan jaringan Wi-Fi saja. Mengapa? Jika Anda pengguna aplikasi yang membutuhkan sikronisasi seperti Gmail, dan Dropbox sangat bergantung pada layanan musik Anda akan mendapatkan keuntungan lebih besar hanya melalukan uploads melalui jaringan Wi-Fi. Lebih cepat dan effisien yang berarti menyingkat waktu konektivitas untuk ponsel Anda nantinya sedikit ketegangan pada lithium baterai yang sudah usang.
  5. Hapus / Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan. Semakin banyak aplikasi berbasis onlinne yang terpasang, maka semakin cepat habis juga penggunaan baterai yang digunakan (tergantung pemakaian). Anda tidak pernah terlalu yakin apa yang berjalan di latar belakang Android usahakan ketika membuka aplikasi pastikan tekan kembali (-) dan jangan terlalu sering menutup aplikasi dengan tombol Home.
  6. Dengan semua fitur multi-tasking di ponsel Android jaman sekarang yang semakin canggih mengawet baterai dengan real-time sudah tidak dibutuhkan, karena jika Anda dapat mengikuti perkembangan teknologi sudah banyak perubahan yang diterapkan di semua jenis ponsel pintar saat ini. Setidaknya cara tersebut bisa mengurangi kemungkinan baterai Anda akan terus – menerus mencoba untuk terhubung ke server yang tidak ada dengan menghapus aplikasi lama atau tidak dibutuhkan lagi.
  7. Matikan Fitur GPS

    Jika Anda salah satu orang di dunia yang masih menggunakan Forsquare untuk berbagi kepada dunia setiap kali Anda pergi ke pusat toko untuk membeli barang, Maka saran saya hidupkan GPS di saat kita membutuhkan dan gunakan pengaturan ponsel terdeteksi lokasi Anda melalui jaringan Wi-Fi. Bermain game onlinne / offline dengan kualitas HD maupun non HD juga berpengaruh dalam cepat habisnya baterai pada ponsel jika game tidak bekerja dengan maksimal yang nanti malah menguras semua daya.

  8. Hapus umpan balik haptic ,misalkan saja jika Anda telah menekan sesuatu ya atau tidak sekarang? ponsel akan tahu lebih pintar. Jika ya matikan semua umpan balik pesan haptic tersebut
  9. Tanyakan pada developer terkenal seperti Apps Doctor akan memberikan Anda informasi tentang indikasi yang jauh lebih baik tentang apa yang sering menghabiskan daya baterai dari waktu ke waktu daripada dengan fitur program penyimpanan terbatas di Android.
  10. Atur semua kontras pencayahaan ponsel ke titik rendah jika Anda di tempat yang gelap begitu sebaliknya jika di tempat yang terang terpapar sinar matahari atur kembali ke default. Bisa juga menggunakan widget ubah kecerahan atur ponsel Anda ke minimum atau default sama halnya yang ada di pengaturan display
  11. Dump the widget, Ya widget adalah bagian penting di Android tetapi dampak dari penempatan widget yang berlebihan di layar homescreen juga akan berpengaruh dalam kinerja baterai. Memperbarui kontent widget membuat tekanan konstant baterai Anda sepanjang hari, bahkan jika Anda hanya mengaktifkan telepon selama beberapa detik saja.
  12. Gunakan notifikasi push saja untuk email, Namun semuanya untuk pesan setiap 15 menit bukanlah yang terbaik untuk kesehatan baterai ponsel Anda. Saran saya saja gunakan aplikasi Hotmail mandiri yang bagus dan akan mengurangi penggunaan baterai lebih sedikit daya.

Jika Anda memang menginginkan ponsel lebih sehat, maka sayangi juga baterai Anda juga, karena jika secanggih apapun ponsel Anda jika tidak di sematkan baterai yang besar tetap terasa sangat boros. Tips diatas bisa dicoba untuk ponsel yang memiliki daya tahan baterai yang rendah dan bekerja untuk perangkat yang belum root.

Saya rasa cukup itu saja bagaimana cara menghemat baterai Android agar tetap hidup tanpa harus membawa power bank kemana-mana, jika ada hal yang ingin di sampaikan mengenai postingan ini silahkan tinggalkan komentar Anda. Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat, Don’t forget to share and feedback!❤️. Thanks.

Tulis Komentarmu Disini..