Mengenal Jenis Jaringan Seluler dan Kecepatan Internet di Indonesia

Posted on

Istimiwir.com – Jenis jaringan seluler sangat lah bermacam – macam jenisnya seperti tanda ikon sinyal GPRS, EDGE, UMTS, dan HSPA, Lalu dari semua jenis jaringan itu Anda pasti pernah berpikir ” Apa sih maksud dari jaringan dan tanda – tanda itu ? ” . Jenis jaringan seluler tersebut selalu muncul di ponsel smartphone atau perangkat modem jika data selulee sudah di aktifkan seperti yang Anda lihat sendiri di ponsel masing – masing dan tanda sinyal tersebut merupakan jenis jaringan seluler yang ada di Indonesia, Nah untuk lebih jelasnya tentang jenis jaringan seluler simak dibawah ini

BACA JUGA : Cara Mempercepat Koneksi Internet Http Injector Android November 2017

Sebelum Anda memajukan, wajib diketahui bahwa jenis jaringan 1G, 2G, 3G, 4G, 5G dan lain-lain mengacu pada generasi teknologi komunikasi nirkabel yang berbeda yang ditandai dengan memiliki rentang koneksi dan kecepatan yang ditentukan dengan lokasi sendiri.

Jenis jaringan seluler

Sumber Gambar : Phonearena.com

1. GPRS (General Packet Radio Switcher)

– GPRS adalah layanan komunikasi nirkabel berbasis paket dan merupakan jaringan teknologi 2G yang mendukung kecepatan download hingga 140 KB/s. Batasan data GPRS adalah data GPRS tidak dapat dikirim saat panggilan suara sedang berlangsung.

2. EDGE ( Enhanced Data GSM Evolution )

– Seperti halnya jaringan GPRS, jaringan EDGE dan GPRS keduanya merupakan jaringan teknologi 2G tetapi EDGE secara signifikan memiliki koneksi lebih cepat dengan kecepatan download hingga 380 KB/s. Terkadang EDGE juga disebut jaringan 2.5G karena memiliki karakteristik jaringan 3G namun tidak memiliki spesifikasi.




3. 3G

– 3G merupakan jaringan yang kebanyakan merata di Indonesia dengan pengenalan jaringan ini menjadikan panggilan video dan rekaman video menjadi mulus dengan kecepatan download hingga 3.1 MB/s ( ” Tergantung Provider ” ).

4. HSDPA ( High Speed Down-link Packet Access

– Jaringan semacam ini didasarkan dengan lokasi dan perangkat tambahan ke 3G. Dengan kecepatan lebih cepat mampu menembus 14MB/s. HSDPA juga kadang disebut dengan jaringan 3.5G yang ada seperti contoh

HSPA+ ( Berkaitan Kecepatan Tinggi Paket Akses ) bisa diartikan HSPA+ adalah evolusi dari HSPA ( HSDPA & HSUPA ) ini adalah teknologi 4G yang memungkinkan download hingga kecepatan mencapai 168 MBps.

4. 4G LTE ( Evolusi Jangka Panjang )

– LTE adalah standar komunikasi standar 4G yang mendukung kualitas pemutaran video HD, kecepatan download bisa mencapai 299.6 MBps.

RINGKASAN :
GPRS (114Kbps) – EGDE (368Kbps) – 3G (3.1Mbps) – HSDPA (14Mbps) – HSPA + (168Mbps) – 4G / LTE (299.6Mbps)




BACA JUGA : Kumpulan Website Terbaik dan Akurat Untuk Mengecek Kecepatan Internet

Semua penjelasan diatas tergantung dengan semua jaringan dan perangkat yang mendukung dan untuk kecepatan internet tercepat di Dunia sekarang masih dikuasai oleh negara Korea Selatan, namun di Indonesia juga semua sudah merata untuk cakupan wilayah 3G dan 4G. Demikian penjelasan kali ini mengenai jenis jaringan seluler dan kecepatan internet di Indonesia, jika ada saran dan masukan silahkan berkomentar di blog ini. Jangan lupa share di sosial media kamu dan klik tombol lonceng ( subscribe ) blog ini untuk mendapatkan notifikasi update terbaru dari blog ini. semoga bermanfaat dan salam sejahtera.

Like
4