Ilustrasi aplikasi VPN di sebuah ponsel. [Shuttertock]

Server VPN bisa Kenali Kebiasaan Pengguna & Kerugiannya

Istimiwir.com – Server VPN atau aplikasi berbasis VPN saat ini memang sudah menjamur tersedia di internet maupun Google Play store, bahkan di aplikasi tersebut sekarang sudah marak digunakan beberapa pengguna di Indonesia. Seiring dengan dibatasi akses media sosial oleh pemerintah beberapa hari yang lalu, khususnya di pengiriman video dan gambar, adanya pembatasan ini membuat masyarakat tidak bisa leluasa dalam berkomunikasi secara online.

Lantas banyak dari masyarakat ingin menggunakan VPN sebagai alternatif untuk mengakses semua aplikasi sosial media. Wajib Anda ketahui bahwa situs-situs yang dimasuki pengguna akan tertuju pada server dalam bentuk enkripsi-enkripsi data, kecuali jika Anda membeli jenis akun VPN Premium/Berbayar, maka segala privasi keamanan data-data Anda akan aman disimpan, berbeda lagi jika menggunakan jenis VPN gratis yang secara resmi aman untuk di gunakan di Google Play Store.

Baca Juga:
1. WhatsApp Erorr ?? Atasi dengan menggunakan VPN
2. Situs Penyedia Layanan VPN Gratis di Indonesia

KERUGIAN MENGGUNAKAN VPN

Hal yang berbahaya bisa terjadi data-data pribadi Anda bisa dicuri, kalau datanya tidak di enkripsi oleh server dengan benar. Jangan menggunakan VPN selama Anda ingin menggunakan transaksi seperti Online Shop, Mobile Banking. Beberapa hari yang lalu banyak pengguna yang melaporkan bahwa kejadian kehilangan akun dan data-data melaporkan masuk di lokasi lain, Meski sebagian melaporkan bahwa menggunakan VPN itu aman tapi tidak semuanya aman digunakan.

IKLAN TERTARGET

Server VPN
Ilustrasi Iklan di Ponsel Smartphone




Pada umumnya yang sering terjadi ketika server VPN tahu kebiasaan pengguna adalah jejak klik iklan yang dilakukan pengguna, entah itu disengaja atau tidak sama saja. Jejak tersebut bisa dijadikan iklan yang sesuai target, setelah tahu situs yang sering dikunjungi. Jika pengguna terus mengakses situs yang berbeda, hal ini membuat server mengenali apa kesukaan dan kebiasaan pengguna yang bisa dimanfaatkan situsnya sebagai iklan.

VIRUS MALWARE

Terkadang akses dari penggunaan VPN juga bisa membelokkan pengguna melalui koneksi internet yang di salurkan ke daftar server. Apabila Anda sebagai pengguna VPN yang tidak cermat dalam menggunakan aksesnya, pengguna juga bisa terserang virus malware yang di jangkit melalui situs tertentu atau yang disebut dengan virus trojan. Menularnya trojan ini juga menjadi dampak buruk bagi pemilik ponsel. Dengan adanya trojan dalam ponsel bisa dikendalikan oleh si pembuat virus dan pembuat virus tersebut bisa leluasa merekam apa pun yang kita ketik, termasuk kode password.

Itulah sedikit ulasan mengenai dampak & kerugian penggunaan VPN di beberapa ponsel. jangan lupa untuk membagikan ke pengguna ponsel yang lain. Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat, Don’t forget to share and feedback!❤️

Artikel Terakhir Diperbarui:
01 Desember 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *